Trik dan Informasi

Tips Mengatasi Blue Screen Pada PC

Share on :

Saat mennggunakan PC biasanya kita pernah mengalami yang namanya Blue Screen. Saat kita sedang mengerjakan tugas atau mendownload, tiba-tiba laptop langsung crash dan tiba-tiba muncul layar biru dengan error code didalamnya, apalagi tugas kita belum di save, mengesalkan bukan??

Sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya bluescreen ini, bisa itu dari faktor software yang tidak kompatibel, hardware yang error / kotor, system corrupt...bla..bla..bla. 

Nah yang jadi masalah adalah  bila ternyata bluescreen tersebut terjadi berulang-ulang saat startup. Kita pun jadi kesel, Satu-satunya jalan biasanya dengan merestore system kita dengan masuk ke safe mode dan restore ke previoues backup windows. Kemudian setelah masuk ke windows, klik start menu - Ketikan ” Restore ” – Pilih System Restore. Kemudian Pilih Restore Poin yang anda hendaki kapan waktunya. Tunggu hingga Prosess selesai dan Komputer akan merestar dan masuk pada windows normaliy. maka windows anda biasanya akan kembali normal. Atau bisa juga dengan menggunakan program cccleaner  yang bisa di download di Softpedia.

Kalau ternyata bluescreen masih terjadi  juga, rajin-rajin lah update software-software di laptop kita sehingga up to date dan rutin membersihkan hardware di pc/laptop kita agar tidak kotor dan mengganggu kinerja laptop. Selamat Mencoba

Sedikit Informasi mengenai Pesan Error yang di tampilkan oleh Blue Screen :

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A) 
Pesan kesalahan ini biasanya disebabkan kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.
Penyebabnya:
Driver yang bentrok atau tidak cocok
Permasalahan pada Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
Permasalahan pada Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pesan error ini setidaknya sudah sedikit memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya.
Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan error seperti ini, dapat disebabkan karena:
Overclock Hardware yang berlebihan
Komponen komputer yang terlalu panas
BIOS yang korup
Memory dan CPU yang cacat

4. DATA_BUS_ERROR
Pesan error ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

8. BAD_POOL_CALLER
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

9. PEN_LIST_CORRUPT
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM

10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan error ini disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

Demikianlah Tips Mengatasi  Blue Screen Pada PC, semoga dapat membantu para netters sekalian mengatasi masalah Blue Screen di pc/laptop



3 komentar on Tips Mengatasi Blue Screen Pada PC :

pulsa murah jakarta mengatakan... 25 April 2013 pukul 09.56

thanks sob. . salam blogger
kunjungin balik ya

Obat Herbal Penyakit Osteoporosis mengatakan... 30 April 2014 pukul 09.56

mantap,,,lengkap sekali,,,
waktu pc saya blue scrin ga inget kode apa..hehe

Unknown mengatakan... 5 Juli 2014 pukul 09.15

Bro yg gw ngerestart sendiri jd gk bisa ke tampilan menu

Post a Comment and Don't Spam!

Ryan Zulfadhli. Diberdayakan oleh Blogger.
 

Translate